Thursday, January 24, 2013

Prolog: Pantai Sanggar, Pantai Dreamland-nya Tulungagung (?)


Berawal dari sebuah foto Pantai Sanggar (foto atas) yang dipamerin sama salah satu senior di KPP Pratama Tulungagung (sebut saja namanya mas Hari—memang nama sebenarnya), saya yang aslinya bukan tipe adventurer langsung tetiba pengen pergi ke sana gara2 liat satu foto itu, padahal sebelumnya sering banget loh nolak ajakan temen-temen  nge-trip ke pantai-pantai yang ada di Tulungagung ataupun di Trenggalek.

Bukan masalah takut gosong atau ga bisa renang, tapi yang ada di bayangan saya tuh pantai di Tulungagung semua sama aja kayak pantai Popoh yang, ya gitu lah pokoknya, sekali ke sana aja udah cukup ga mau balik lagi. haha

Kenapa tetiba pengen kesana??
Liat aja tuuuh airnya beniiiiiing banget kan. Beeeuh pasirnya putiiih berasa pantai-pantai yang ada di Bali gitu. Apalagi di laman facebook grup Paciwistu (Paguyupan Cinta Wisata Tulungagung) sampe2 menjuluki pantai Sanggar sebagai pantai dreamland-nya Tulungagung. Uwooo, kebayang dong gimana indahnya aduhay pantai itu.
Nah jadi ceritanya, kebetulan waktu itu hari Jumat (11/01/13), mas Hari bilang kalo besoknya, hari Sabtu, dia sama beberapa orang kantor—sesama penderita virus DSLR dadakan yang semenjak punya kamera DSLR rajin hunting spot foto mulu tiap wiken—rencananya mau nge-trip kesana bareng rombongan Paciwistu.
Tapi kenapa oh kenapa berangkatnya jam 5 pagi??? Lagian katanya perjalanannya paling cuma sejam tapi kenapa mesti berangkat pagi bangeeet  (¯―¯٥)

*mendadak galau*

Sayang banget kan rutinitas ngebo di hari sabtu pagi yang cerah terenggut begitu saja. Yawes akhirnya saya memutuskan untuk ga jadi ikut rombongan mereka, padahal sebenernya pengeeen banget liat langsung keeksotisan Pantai Sanggar, bener ga sih sebagus yang ada di foto itu.
Langsung punya ide coba ngajak ade kelas, kali aja tertarik buat ke sana. Daaaaan ternyata kebetulan lagi si ade kelas ini (sebut saja namanya Zaenur), emang udah ada rencana mau ke sana, diajak sama temennya yg juga ade kelas saya (Iwan), yang juga diajak sama temennya (Mira), yang juga udah lama pengen ke sana, sekalian ngajak temennya (kenalan di FB Paciwistu) buat nunjukkin jalannya (nah loh ribet kan).
Yang pasti intinya akhirnya kami ber-6 (saya, mba Nurul—pegawai KPP tapi malu ikut rombongan mas Hari, Iwan, Mira, Zaenur, Safak—ade kelas juga dan ngakunya udah pernah ke Pantai Sanggar) sepakat janjian buat berangkat bareng jam 6.30 ketemuan di KPP Tulungagung. Trus nanti berangkatnya ditemenin sama satu orang dari grup Paciwistu kenalan Mira itu sebagai penunjuk jalannya.



Peserta n jadwal keberangkatan udah fix, trus iseng2 gugling info tentang pantai Sanggar. Ternyata kalau mau kesana jarak yang bakalan ditempuh sepanjang 37 km dari terminal Tulungagung. Berarti perjalanan sekitar 1 jam-an lebih lah yaa. (tapi menurut gugel mep, kok cuma 18,6 km ya?? haha)
Jadi arah-arahnya itu dari terminal Tulungagung ke arah selatan sejauh 10 km nanti ada pasar Campurdarat, kemudian lanjut ke timur kurang lebih sejauh 7 km akan ada SMAN 1 Campurdarat. Dari situ ambil arah ke timur kurang lebih 10 km sampai SMPN 1 Tanggunggunung terus ambil jalur ke selatan ke arah pantai Sine kurang lebih 10 km lagi sudah sampai Dusun Ngelo. Sampai di dusun Ngelo nanti tinggal tanya warga sekitar jalan masuk ke pantai Sanggar nya.

Okesip berbekal info tadi berarti kira2 ga jauh banget lah ya perjalanannya kalau dari kota, yawes akhirnya saya memutuskan untuk cuma pake kaos, celana pendek, dan sendal jepit (yakali mau ke pantai pake celana jeans??), pokoke udah dandan ala bule lah *hoeeeek


Halaman belakang KPP Pratama Tulungagung
Hari-H (Sabtu, 12/01/13) pukul 6.45 saya nyampe di KPP Pratama Tulungagung (molor 15 menit dari janjian awal, abis nyolong2 tidur bentar after subuh, hehe) dan ternyata udah ada mba Nurul disana tapi belum ada tanda2 keberadaan yang laen. Ngecek hape ternyata ada sms dari Zaenur katanya ban motornya bocor di daerah Karangrejo (masih deket dari rumahnya). Yowes nunggu lah saya dan mba Nurul, sampe jam 8 kurang akhirnya kita udah ngumpul semua .
Daaaan pas liat si Safak, kenapa dia pake celana jeans, jaket, sepatu gunung gituuu? Lah emangnya kita pindah haluan mau nge-trip naek gunung??
Karena katanya si Safak ini udah 3 kali ke sana akhirnya saya trus nanya ke dia,
“lho emangnya berapa jam perjalanan kita ke sana?”
“sekitar 3 jam-an laaaah. Yang lama itu jalan kakinya nanti agak susah, sekitar 2 jam udah gitu medannya jelek”

#syok  Σ( °┌┐ ° !! )

Terlanjur cuma pake celana pendek, sendal jepit pula! Kebodohan, knapa ga kepikiran nanya ke Safak dulu, malah nanya sama mbah gugel dan knapa si mbah juga ga ngasih inpo klo medannya agak susah *tepok jidat* (_c)
Setelah tau klo perjalanan bakalan makan waktu 3 jam, akhirnya kami pun cuus berangkat pukul 8 tet, biar nanti di pantai ga panas2 banget. Okeee akhirnya terjawab sudah kenapa rombongan mas Hari berangkatnya jam 5 pagi (¯―¯٥)


Jalur yang kami tempuh dari KPP Pratama Tulungagung menuju Desa Ngelo sama persis dengan hasil gugling semalem. Ternyata pas mulai masuk kecamatan Tanggunggunung, jalannya ga semulus n sebagus jalan sebelumnya. Yang ada jalan banyak yang berlubang, kualitas aspal jalan udah rusak ditambah lagi jalan di sana setipe dengan jalan menuju Watulimo, Trenggalek—jalan perbukitan berliku-liku tetapi lebih curam turunan n tanjakannya.
Jadi ati2 ya klo mau kesini, cek kondisi motor terlebih dahulu, isi bensin full (soalnya ga ada pom bensin), dan yang terpenting rem motor juga harus dalam kondisi bagus.
Bahkan memasuki desa Ngelo, kami pun sempet harus off-road melewati jalan gembur licin berlumpur sepanjang sekitar 100 meter lebih, sampai-sampai motor kami ambles setinggi pijakan kaki, apalagi semalam habis kena hujan. Boncengers juga akhirnya terpaksa jalan kaki soalnya ga memungkinkan banget kan buat boncengan.

salah satu jalan off-road di Desa Ngelo
Sayang ga sempet mengabadikan penampakan motor saya yang makin kece membahanaaa setelah menerjang badai menghadang. Lakik banget lah pokoknya (?). Haha

*Fyi, sendal sebelah kiri saya akhirnya gugur di medan perang selama mengarungi “road block” ini pemirsaaaa. haha T__T

Oiya, dari sini kita pisah sama Zaenur yang boncengan sama Safak, ga berani lewat jalan off-road katanya, padahal mereka naek motor gede (¯―¯٥)
Mereka lebih milih lewat jalur alternative trus janjian ntar ketemuan langsung di pantainya aja.


Alhamdulillah sekitar 5 menit dari “road block” tadi, pas pukul 9.30, kami sampe juga di rumah seorang warga yang udah jadi langganan Paciwistu buat nitip motor. Berarti perjalanan naek motor tadi dari KPP Pratama Tulungagung sampe Desa Ngelo ada waktu 1,5 jam.
Hmm, lupaa namanya mbah siapa ya tapi pokoknya si mbah baeeek banget. Kami disini stay bentar sekitar 15 menit untuk bebersih sehabis belepotan kena lumpur tadi. Ramah lah pokoknya si mbah, tapi emang warga desa Ngelo kesannya ramah2 banget, tiap ketemu mereka di jalan pasti disapa dan kesannya mereka tuh kayak seneng banget gitu ada “orang kota” yang datang berkunjung ke sana. Padahal “orang kota” ini sama aja ndeso nya. Hahaha *ngomong sama cermin

jalan setapak belakang rumah si mbah

Sembari nunggu cewe2 bebersih, saya nanya ke mas2 Paciwistu yang kami ajak buat nunjukin jalan tadi (lupa juga namanya, sebut aja mas Zain, hehe)
“lho mas, pantainya sbelah mana ya? Kok kita ini kayak lagi di perkampungan, ga ada tanda2 pantainya (¯―¯٥) “
“iyalah ga kliatan pantainya, lha wong pantainya ada di balik bukit itu. Noh kita masih mesti jalan kaki ke sana” *sambil nunjuk jalan setapak menanjak di belakang rumah si mbah*

Σ( °┌┐ ° !! )

Hahahaha udah sendal putus, nasib mesti jalan nyeker lah ini. Kebayang lah pasti bakalan licin banget jalannya kena ujan tiap hari. Padahal udah lemes pula lewat jalan off-road tadi, bawaannya pengen langsung nyebur aja ke pantai. Yoweslah akhirnya kami start jalan kaki pukul 9.45 menyusuri jalan setapak yang ditunjuk sama mas Zain tadi. Udah ga sabar pengen liat pantainya langsung (҂'̀O'́)9




*all photos credit to: koleksi pribadi mas Danial, Mira, Paciwistu, dan kameran butut saya

1 comments:

denbei says:
at: Sat Mar 14, 09:08:00 PM said...

makasiiiii infonya....langsung cuuzz ke sanggar.....

Post a Comment

jambul rhoma. Theme images by andynwt. Powered by Blogger.

Heyy, saya si Jambul. Dont get lost here :)

 

© Babbling Geek, All Rights Reserved
Design by Dzignine and Conceptual photography