Saturday, February 9, 2013

Pantai Coro, Tak Seburuk Namanya

Pantai Coro (panorama mode)
Entah kenapa, akhir-akhir ini tetiba ngidam pengen ngebolang melulu, keliling pantai-pantai yang ada di Tulungagung. Hmmm..


Ada beberapa hal yang mungkin jadi penyebab saya yang awalnya anak rumahan banget jadi suddenly-tiba-tiba-ujug-ujug suka ngebolang. Ngebolang disini maksudnya bukan ke theme park atau ke mall atau jalan-jalan keliling kota ya, kalo itu mah seriiiing. hahaha. Tapi maksudnya ngebolang wisata alam, ke pantai atau naik gunung gitu lah.

Yang pertama, gara-gara semenjak diinvite masuk grup Paciwistu (Paguyuban Cinta Wisata Tulungagung), di grup itu ada banyak foto2 yang dengan suksesnya bikin saya ngiler mupeng pengen berkunjung ke tempat2 itu juga. Padahal awalnya saya kira Tulungagung ga asik banget, ga ada tempat bagusnya... ternyataaa banyak juga obyek wisata alam yang sangat patut buat dikunjungi.

Kedua, it may sound cheesy, but yeah, seeing that 5cm the movie changed me A LOT! haha. Setelah nonton film itu, saya baru sadar kalo tempat2 yang selama ini udah saya kunjungi ternyata masih sedikit BANGET. Bahkan si Ima yang hobinya nge-whatsapp foto2nya tiap dia abis ngebolang pun ga berhasil bikin saya langsung pengen ngebolang juga. Mejik banget lah pokoknya film 5 cm ini #lebay

Ketiga, menyaksikan langsung secara live keindahan Pantai Sanggar bener2 bikin saya berasa udah ditabok sama orang2 Tulungagung, gegara udah underestimate Tulungagung banget, soalnya selama ini ngira kalo pantai-pantai nya jelek, airnya keruh, bukannya manjain mata malah bikin mata butek.

Ternyata ga cuma Pantai Sanggar dan Pantai Ngalur yang sayang banget untuk disia-siakan. Dari hasil kepo2 di grup Paciwistu, ternyata Tulungagung punya 14 pantai lho (cmiiw) dan dari 14 pantai itu, cuma 3 pantai yang pernah saya kunjungi. wakakakaka

Nah kebetulan, kakak saya dan istrinya ada rencana pulang pas tanggal langsung 26 Januari, okesip kenapa ga ngajak mereka aja, Paciwistu juga ga ada tanda2 rencana mau ngebolang lagi di tanggal itu. Akhirnya coba gugling terus bikin list pantai-wajib-kunjung dg kriteria wajib airnya harus biru bening aduhay dan nemu satu pantai yang aksesnya lumayan gampang kalo berangkat sendiri, Pantai Coro!
Awalnya agak curigesyen, kenapa namanya Coro?? bukannya artinya itu kecoa?? kecoa kan identik sama yang kotor2, berarti pantainya kotor juga?? Tapi kok di fotonya Paciwistu airnya keliatan agak bening gitu, ga butek. Makin penasaran dan akhirnya saya sukses membujuk kakak saya dan istrinya buat ikut ngebolang kesana (padahal mereka baru nyampe rumah jam 1 pagi. hihi)

26 Januari 2013

Kami berangkat dari rumah menuju Pantai Coro pukul 9.15, agak siang memang untuk pergi ke pantai apalagi klo tujuannya buat bernarsis ria jepret sana jepret sini, foto-foto nya pasti bakalan banyak yang over exposure kena cahaya matahari berlebih. Belum lagi perjalanannya, tapi gapapa lah daripada batal kesana.
Berbekal info yang dikasih sama temen saya, kami super pede pergi ke sana bertiga tanpa minta ditemenin sama orang yang pernah ke sana. Lha wong berdasarkan info yang dikasih sama temen saya itu, jalan ke sana sounds so easy banget, 
“klo mau ke Pantai Coro, sampean pergi aja ke pantai Popoh, trus parkir motornya di Padepokan Retjo Sewu habis itu jalan kaki ke arah timur, terus aja ga usah belok2, 30 menit udah sampe. klo bingung tanya aja jalannya sama pak tukang parkir”
Yap, simpel banget kan infonya -__-“

Pantai Popoh (credit to original uploader)
Lagian siapa sih yang ga tau arah jalan ke Pantai Popoh, anak TK aja tau. Lha wong Pantai Popoh itu pantai paling terkenal yang ada di Tulungagung (dan paling overrated, imo) karena emang bener-bener dikelola sama pemkab Tulungagung dan dijadikan sebagai obyek wisata. Jadi misal ada orang yang denger kata Tulungagung, pasti ingetnya klo bukan marmernya ya Pantai Popoh ini. Padahal pantai Sanggar jauuuuuh lebih bagus lho, mungkin karena Pantai Popoh lebih mudah dijamah daripada pantai-pantai lainnya, makanya pemkab lebih fokus menata Pantai Popoh ini sampe terkenal ke penjuru Indonesia (?)

Nah, klo Padepokan Retjo Sewu memang masih terdengar asing bagi saya yang  besar di kota yang letaknya jauuuuuuh di sebelah timur—Gresik. Mungkin klo saya besar di Trenggalek—yang letaknya cuma 30 menit dari Tulungagung—masih kenal2 dikit lah ya sama Padepokan Retjo Sewu ini. Awalnya, dari namanya saya kira tempat ini semacam padepokan tempat latihan silat/bela diri warga sekitar di sana (ketauan dulu sering banget nonton sinet kolosal ala Mak Lampir, Angling Dharma. haha -_-“)
Padepokan Retjo Sewu
Eh ternyata menurut wangsit dari si mbah Gugel, Padepokan Retjo Sewu (PRS) ini objek wisata juga lho. Dibuka resmi tahun 1995, PRS ini emang semacam padepokan gitu yang dibangun sejak tahun 1993.  Dulunya sih (katanya) tempat ini dijadikan sebagai tempat monumental, yang memang sengaja dibangun menghadap ke arah Pantai Selatan (hmmm..) oleh Soemiran Karsodiwiryo, pemilik pabrik rokok Retjo Pentung—pabrik rokok yang dulunya paling besar di Tulungagung. Bahkan saking ngehits nya Retjo Pentung di masa kejayaannya, patung retjo pentung ini seolah-olah jadi ikonnya Tulungagung, selain juga karena ada 5 patung Retjo Pentung yang tersebar di beberapa kecamatan di Tulungagung (cmiiw).

Patung Retjo Pentung dalam berbagai macam ukuran
Sesuai dengan namanya, PRS ini ada banyak patung arca (retjo) yang lagi bawa pentungan. Arca2 di PRS ini bentuknya sama semua, yaitu berwujud dwarapala (raksasa bertaring yang memegang gada) berjumlah sekitar 2000an dari yang ukurannya paling gede (yang letaknya ada di tengah/depan padepokan dengan ukuran 9 meter) sampe yang kecil2 disusun membentuk semacam candi gitu. Dulu katanya agak rame ya PRS ini, tapi semenjak meninggalnya Pak Soemiran, PRS jadi sepi apalagi setelah pabrik rokok Retjo Pentung bangkrut, jadinya ga ada lagi yang mendanai biaya perawatan PRS. Nah, di dalem padepokan yang ada di lokasi PRS ini ada makam Pak Soemiran beserta keluarganya.
Patung Retjo Pentung paling raksasa

Papan "selamat datang" sebelum masuk parkiran
Well, pertama kali masuk kawasan PRS, hawa mistiknya kerasa bangeeet. Selain karena ada bau2 kemenyan, tempatnya juga yang teduh karena banyak pohonnya sampe menghalang sinar matahari yang pengen menerobos masuk bikin suasana agak horor gimana gitu, apalagi sepi pengunjung. 
jalan  masuk dari tempat parkir menuju padepokan 
Di sana ternyata juga ada semacam bangunan kecil gitu yang dipake untuk orang2 yang pengen minta izin untuk melarung abu di pantai lepas yang ada di dekat situ, atau sekedar “silaturahmi” dengan penunggu pantai Selatan, bahkan juga ada beberapa orang yang minta kesembuhan (tahu fakta ini soalnya sempet ngobrol dari bapak2 salah seorang pengunjung dari Blitar yang jauh2 kesana untuk minta kesembuhan anaknya yang sakit). Tapi sayang ga berani ngambil gambarnya, soalnya dikasih tau sama si bapak tadi jangan asal jepret di PRS ini.

tempar parkir di PRS
Puas keliling-keling sebentar di PRS, akhirnya kami langsung pergi ke tujuan utama--Pantai Coro. Sebelumnya kami parkir motor di tempat parkir yang ada di PRS sesuai dengan petunjuk dari temen saya. Waktu saya datang, ga ada tanda-tanda mas2 tukang parkir, yowes langsung parkir aja ikut-ikutan motor dan mobil yang udah parkir di situ, hehe. Lah padahal pengen nanya jalan juga sama pak tukang parkirnya, ga ada tanda2 petunjuk jalan menuju Pantai Coro, yang ada cuma petunjuk jalan ke arah laut lepas, jangan2 ditipu sama si temen -__-"

*oke, jilat jari, acungkan ke udara, cari tau mana arah ke timur*
#yakali

Beruntung di dekat situ ada toko kecil, terus kami nanya sama bapak2 yang lagi duduk2 di depannya. Alhamdulillah kata si bapak emang bener Pantai Coro ada di sebelah timur, kira2 jaraknya 2 km (lah kata mbah gugel cuma 1,5 km??!), jalan kaki aja lurus ke timur 30menit-an paling udah nyampe.

Oke, akhirnya kami jalan kaki ke arah timur sesuai dengan petunjuk si bapak tadi.. lurus terus.. melewati beberapa rumah warga, tapi kok kayaknya malah menjauh dari laut Selatan ya.. feeling ga enak.. sekitar 10 menit jalan kaki ternyata kita malah balik lagi ke jalan pintu masuk sebelum ke PRS tadi. wakakakaka -___-" 
*sial ternyata ditipu sama si bapak tadi

Trus kami putar balik, jalan kaki lagi terus nanya sama salah seorang warga yang lagi sibuk menurunkan hasil kebunnya dari motor. Ternyata tadi 100 meter dari toko kecil harusnya kami belok ke kanan turun ke arah sungai, bukannya lurus terus -___-"
Karena trauma dikibulin lagi (bukan dikibulin sih sebenernya, mungkin lebih tepatnya si bapak lupa ngasih tau secara detail), akhirnya di sepanjang jalan kami nanya trus setiap kali ketemu sama warga, terus abis gitu ketemu orang trus nanya lagi untuk memperkuat petunjuk orang sebelumnya. haha

Jalan menuju Pantai Coro agak susah pemirsa, tapi masih jauuuh lebih mudah dilewati klo dibanding jalan setapak ke Pantai Sanggar. 

Jadi untuk bisa sampe ke Pantai Coro, kita harus melewati jalan setapak menyusuri perbukitan yang kanan-kiri adalah hutan, entah itu yang masih alami atau yang udah disulap warga menjadi perkebunan. 

Karena musim hujan, jalannya jadi lembek berlumpur. Untung kami melewati beberapa sungai yang mengalir membelah jalan setapak, jadi bisa bersih2 kaki sebentar (atau klo haus juga bisa minum2 disitu :p)




Menembus jalan berlumpur
salah satu sungai kecil yang kami lewati
"nyasar" di tengah hutan (?)
salah satu jalan menurun yang agak curam
Ada pepatah yang bilang, "malu bertanya sesat di jalan". Tapi yang berlaku bagi kami saat itu adalah "banyak bertanya sesat di jalan," haha. Seperti yang saya bilang tadi, kami rajin banget kan nanya ke tiap orang yang kami temui di sepanjang perjalanan biar ga nyasar lagi. Nah, di saat kami sudah hampir dekat dengan pantai, kami ternyata malah diarahkan ke rute yang lebih jauh dan lebih curam jalannya -___-" (kami tahu ini, soalnya pas pulang kami coba cari rute sendiri dan jauh lebih cepet)

Beberapa view pantai selatan dari atas bukit:



wah, pantainya udah mulai kelihatan
Sekitar 30 menit perjalanan jalan kaki, akhirnya kami sampe juga di Pantai Coro. Pantainya ternyata sempit pemirsa, bentuknya semacam teluk gitu yang kanan-kiri nya diapit tebing ga terlalu tinggi. Pasirnya putih, airnya agak bening berwarna biru kehijauan.

Dan pas kami sampe sana, udah ada lumayan banyak pengunjung, ada yang lagi duduk2 cantik sambil ngemil, ada yang pacaran, ada juga yang lagi asik berenang padahal ombaknya waktu itu lagi lumayan gede lho. Andaikan sepi gitu, berasa pantai pribadi, tapi suasananya agak horor (atau perasaan saya aja ya) soalnya sekeliling pantai lumayan rimbun hutan-kebunnya.

Sebagian besar pantai, terutama yang ada di bagian tengah, dasar pantainya berupa bebatuan datar berlumut yang agak licin. Ada juga beberapa batu karang cantik yang ada di pinggir pantai.


pohon unik yang ada di pantai bagian tengah

view sebelah kiri (timur) pantai
view sebelah kanan pantai

Tebing sebelah kiri (timur) pantai

view pantai dari sisi paling kiri (timur)


langit mulai mendung
Pukul 13.00 kami akhirnya memutuskan untuk segera pulang, selain udah siang banget, langit juga mulai mendung, dan tinggal cuma kami bertiga di sana, orang-orang lain udah pulang sekitar sejam yang lalu.
Saran saya klo mau kesini yang pagi aja, biar enak bisa menikmati pantai, jangan lupa bawa air putih yang cukup banyak, perjalanan menuju pantai lumayan menguras tenaga. Klo mau lebih asik lagi bawa tiker, gitar, sama snack biar berasa lagi piknik di pinggir pantai, haha

Total biaya untuk ke Pantai Coro: 
- tiket masuk ke Pantai Popoh (pintu masuk ke PRS emang jadi satu dengan pintu masuk Pantai Popoh) = Rp3.500,00 per orang + Rp1.000 per motor *klo mobil lupa berapa ya*
- parkir di PRS Rp2.000,00

All photos taken with my Canon Powershot A4000 compact camera :)





6 comments:

Anonymous
at: Tue Mar 12, 09:56:00 AM said...

monggo mampir ke blitar mas, tetangganya tulungagung. di blitar banyak skali obyek wisata alam maupun budaya yang menarik. bahkan kebanyakan masih belum terjamah.

Anonymous
at: Wed May 28, 09:34:00 AM said...

wohh.. next destination... keren mas jambul..

Unknown says:
at: Mon Mar 23, 04:27:00 PM said...

Mas boleh nanya penginapan di deket pantai popoh ? ada banyak gak ? Saya dari bojonegoro

Unknown says:
at: Sat Aug 15, 05:46:00 AM said...

Pantai coro boleh untuk mendirikan tenda kah ?
Saya dan tim saya ingin sekali mencoba berpantai di pantai coro.
Mohon informasinya.
Karin. Surabaya

Unknown says:
at: Sat Aug 15, 05:47:00 AM said...

Pantai coro boleh untuk mendirikan tenda kah ?
Saya dan tim saya ingin sekali mencoba berpantai di pantai coro.
Mohon informasinya.
Karin. Surabaya

Pantai Coro says:
at: Fri Oct 27, 01:18:00 PM said...

pasir pantai nya bersih banget yah

Post a Comment

jambul rhoma. Theme images by andynwt. Powered by Blogger.

Heyy, saya si Jambul. Dont get lost here :)

 

© Babbling Geek, All Rights Reserved
Design by Dzignine and Conceptual photography