Saturday, February 23, 2013

The Amazing Race Season 22 [overview]


Uwooo.. The Amazing Race (TAR) akhirnya tayang lagi sodara-sodara!! ga kerasa tahun ini udah masuk season yang ke- 22 aja lho  *nah lo, tersanjung aja sampe kalah :p
Nah, season 20 dan season 21 sebelumnya kan TAR sempet mampir ke Indonesia (Jogja, Surabaya, dan Madura), jadi penasaran sama season 22 ini, soalnya denger2 TAR mau mampir ke Indonesia lagi *yeyeye lalala
Makanya dari kemaren2 udah ga sabar banget pengen liat dan akhirnya TAR season 22 mulai minggu ini udah mulai tayang lagi :)

Eniwei, daripada sepanjang nonton TAR nanti cuma bisa ngiler liat para kontestan ngebolang keliling dunia dan akhirnya (sengaja) lupa tempat2 yang udah mereka kunjungi (biar ga mupeng berkepanjangan), mulai sekarang saya memutuskan bakalan bikin recap tempat2 yang dikunjungi di tiap episode.
Kali aja suatu saat nanti pas pengen ngebolang ke luar negeri terus butuh referensi, ga perlu lagi ubek2 skip-forward episode2 TAR. haha B)

Yak pertama-tama, untuk postingan kali ini saya bakalan ngasih overview/gambaran singkat dulu buat kalian yang masih belum ngeh acara apa sih The Amazing Race ini.


The Amazing Race adalah salah satu dedengkot reality TV show asal USA. Kenapa saya sebut dedengkot, soalnya TAR ini merupakan salah satu reality show yang umurnya udah lama banget dan jumlah musim (season) nya udah banyak juga. Yah hampir sama lah umurnya sama reality show semacam SurvivorBig Brother, atau Real World
Bayangin aja, sampe tahun 2012, The Amazing Race udah berusia 12 tahun dan udah tayang 21 musim. Reality show terlama urutan ketiga setelah Real World (27 Musim), dan Survivor (25 musim). 
Masalah award ga usah ditanya lagi, The Amazing Race udah ngeborong 8 Primetime Emmy Award for Outstanding Competition Program untuk tahun 2003-2009 dan 2011 dari total 13 Emmy yang udah diraih. Itulah kenapa TAR ini bisa sampe awet banget acaranya B)

Peserta The Amazing Race ini di tiap seasonnya rata2 terdiri dari 11 tim, dimana masing-masing tim terdiri dari 2 orang yang punya relationship. Relationship nya ini bisa dating, engaged, married, friends, siblings, father-son, dll. 
Aturan mainnya simpel banget sebenernya, jadi selama satu season para peserta bakalan mengunjungi 11-13 leg (tiap season jumlahnya beda-beda). Biasanya 1 leg=1 negara=1 episode. Jadi selama satu season kita bakalan mupeng liat para peserta keliling negara2 yang ada di dunia :O
Nah, di setiap leg para peseta mesti cepet2an nyampe pitstop (perhentian akhir). Untuk bisa sampe pitstop, para peserta mesti bisa ngelewatin berbagai tugas dan clues yang diberikan. Tim yang terakhir sampe pitstop (bisa jadi) tereliminasi. 3 Tim yang berhasil bertahan sampai di leg terakhir (eisode terakhir) akan berkesempatan mendapatkan hadiah utama $1,000,000 jika mereka jadi tim pertama yang sampai di finish line.
peserta sampe pitstop
ngambil clues
peserta langsung berhamburan di start line
Yang bikin seru nonton TAR ini, selain bisa liat2 tempat all around the world, kita juga bakalan liat gimana perjuangan para peserta supaya bisa sampe pitstop dan cara2 yang mereka lakuin itu bisa macem2. Ada yang sikut2an antar peserta, saling manipulasi, pura2 temenan padahal nusuk dari belakang, kadang klo  kehabisan duit mereka sampe rela ngemis2 atau minta bantuan dari stranger yang bahkan bahasa mereka aja beda. So much drama yang pasti :)
Oiya, para peserta juga ga boleh bawa hape, peta, guidebook, duit pribadi, dan segala macem hal yg bisa ngebantu mereka buat menyelesaikan clues atau tugas. Jadi tiap leg nya peserta udah dikasih duit sangu yang terbatas. Jadinya seru banget lah pokoknya :D

Recapnya di postingan berikutnya ya, just wait :)


0 comments:

Post a Comment

jambul rhoma. Theme images by andynwt. Powered by Blogger.

Heyy, saya si Jambul. Dont get lost here :)

 

© Babbling Geek, All Rights Reserved
Design by Dzignine and Conceptual photography